Air Menoreh

Air Menoreh adalah sebuah blog komunitas. Terdapat beberapa kontributor yg ikutan meramaikan blog ini. Keinginan kami untuk memahami sebuah kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Progo yg menjadi tempat tinggal komunitas di Samigaluh. Integrasi terjadi antara pengelolaan hutan dan air.

Oleh karenanya penguatan kelompok pengguna air komunitas masyarakat hulu menjadi penting sebelum proses negosiasi bisa terjadi antara kelompok pengguna air lainnya di DAS Progo ini.

Salam,
Hasto Pandito (hasto.pandito@gmail.com)

Senin, 21 November 2011

Farm Agroforestry Samigaluh

Model pertanian yang dikelola oleh masyarakat petani di wilayah Kecamatan Samigaluh ,Kulon Progo sangatlah berbeda dengan sistem pertanian di wilayah lain. Sebagai daerah yang berada di perbukitan dan pegunungan maka sistem pertanian yang diusahakan menggunakan pola tanam campuran antara tanaman pangan, perkebunan, dan kehutanan. Simtem ini sangatlah cocok dengan kondisi alam dan lingkungan serta struktur tanah. Fungsi pola tanam seperti ini akan memungkinkan tercukupinya kebutuhan pangan lokal yang ditanam dibawah tegakan perkebunan dan hutan rakyat. Menjadi penyangga tetap lestarinya  SUMBER MATA AIR yang ada untuk kebutuhan konsumsi maupun irigasi. Manfaat lain dari pertanian model ini menjadikan lingkungan di wilayah Samigaluh menjadi sejuk ,segar dan alami. Dan yang lebih penting lagi mampu menahan terjadinya erosi.

Terkait dengan masalah AIR selama ini telah bayak upaya yang diusahakan masyarakat dalam pengelolaan dalam pemenuhan  air minum khususnya. Juga banyak kelompok tani yang menggunakan sisa air untuk budidaya ikan lahan kering. Sebagian telah membentuk iuran DANA TIRTA guna perawatan sarana air minum dan upah tenaga pengurus.

1 komentar:

  1. dana tirta tuh iuran untuk pengurusan mata air di daerah mana? bagus banget kalo terus didukung.

    BalasHapus